Brother MFC-J4410DW Printer Multifungsi Serbaguna

Bagian dari seri printer Bisnis Smart Brother, Brother MFC-J4410DW menawarkan fitur-fitur kantor-sentris yang sangat baik, menjadikannya pilihan yang cocok untuk hampir semua jenis kelompok kerja, terutama yang memiliki kebutuhan cetak tinggi. Ini adalah unit kompak yang menawarkan kecepatan cetak yang layak dan biaya operasional yang terjangkau serta fitur multifungsi seperti pemindaian, penyalinan, dan faks. Printer Brother MFC-J4410DW Business Smart bahkan menawarkan dukungan nirkabel, meskipun kecepatan cetak tidak terlalu mengesankan pada 18 ppm dan 16 ppm dalam warna hitam dan putih.

Printer all-in-one Brother MFC-J4410DW berukuran hanya 7,3×18,9×11,4 inci, cukup ringkas untuk pengoperasian desktop. Tidak seperti kebanyakan unit inkjet, Brother MFC-J4410DW tidak memiliki baki kertas yang menonjol, karena nampan masukan terpasang di dalamnya, mengurangi ukuran besar mesin. Perangkat ini bahkan menawarkan opsi koneksi serbaguna, termasuk USB, nirkabel, dan jaringan kabel.

Salah satu keunggulan utama printer Brother MFC-J4410DW adalah panel layar sentuhnya, yang dikonfigurasi untuk pengoperasian semua fungsi yang lebih mudah, mulai dari pencetakan hingga pemindaian, faks, dan penyalinan. Panel kontrol memiliki antarmuka sentuh berwarna untuk kontrol cepat dan mudah. Biaya pencetakan tidak semahal itu, berkat kartrid berkapasitas tinggi yang tidak hanya menawarkan hasil halaman yang tinggi tetapi kualitas tinta yang sangat baik dan desain yang mudah diatur untuk penggantian tinta yang nyaman.

Penyiapan bisa jadi sulit, terutama opsi jaringan nirkabel, dengan banyak informasi yang diperlukan pada CD yang disertakan di dalam kotak. Ini tidak membantu jika Anda ingin menghubungkan MFC-J4410DW ke perangkat tanpa drive CD-ROM seperti tablet atau smartphone.

MFC-J4410DW adalah yang kedua dari printer inkjet A4 lanskap baru Brother yang telah kami lihat dan berada sedikit di bawah MFC-J5410DW dalam hal harga. Selain itu, ini juga tersedia dari berbagai pengecer, daripada menjadi model khusus PC World. Ini dirancang sebagai all-in-one pribadi dan dapat menangani pencetakan satu lembar A3 dari feeder di belakang serta lanskap A4, yang seharusnya sedikit lebih cepat daripada perangkat A4 konvensional dengan harga yang sama.

MFC-J4410DW melepaskan diri dari kecenderungan Brother untuk memproduksi all-in-one yang terlihat seperti mesin faks dan sebaliknya menawarkan garis potong persegi modern dan corak hitam dan putih kontras tinggi. Bagian atas yang datar dan bertekstur dibagi menjadi tiga bagian, dengan bagian tengah terangkat dan berengsel menjadi penyangga kertas untuk Pengumpanan Dokumen Otomatis (ADF) 20 lembar. Bagian atas juga terangkat untuk pemindaian alas datar A4 penuh.

Panel kontrol, yang terdiri dari layar sentuh LCD 45mm dengan panel sentuh di sebelah kanannya, terlipat ke salah satu dari tiga posisi klik-berhenti. Meskipun layarnya kecil, secara mengejutkan tetap dapat digunakan untuk pilihan menu sederhana. Di sebelah kiri panel kontrol adalah penutup lipat yang menyembunyikan soket USB panel depan bersama dengan slot untuk kartu SD dan Memory Stick Duo.

Di bawah panel depan terdapat baki kertas 150 lembar yang agak sulit untuk ditarik dan diganti. Tepat di atasnya adalah baki keluaran teleskopik dua elemen dengan penghenti ujung flip-over. Di bagian belakang, penutup lebih lanjut memungkinkan pengumpanan kertas khusus, termasuk A3. Panduan kertas untuk pengumpanan sesekali ini kecil dan tipis dan tidak mudah untuk menyiapkan kertas dengan cara ini.

Satu-satunya koneksi fisik yang tersedia adalah port USB di bagian belakang, namun MFC-J4410DW memang menawarkan konektivitas nirkabel, yang mudah diatur dan dapat digunakan untuk pencetakan jaringan atau untuk mencetak langsung dari ponsel dan tablet iOS dan Android.

Printer mengambil empat kartrid tinta yang masuk ke posisinya di belakang penutup di sebelah kanan baki kertas. Anda dapat menggunakan kartrid standar atau hasil tinggi.

Brother memberi peringkat MFC-J4410DW pada 33 halaman per menit (ppm) dalam warna hitam dan 25ppm dalam warna, namun selama pengujian kami tidak dapat mendekati kecepatan yang diklaim ini. Dokumen teks hitam lima halaman kami menghasilkan kecepatan 8,6ppm, sedangkan varian 20 halaman meningkatkannya menjadi 12,2ppm – kecepatan tertinggi yang dapat kami peroleh dari mesin. Teks lima halaman dan cetakan grafis berwarna memberikan 3,2ppm, lebih dari seperdelapan dari kecepatan yang ditentukan.

Pencetakan dupleks adalah standar dan dokumen 20 halaman dicetak dupleks 10 halaman memberikan 5,9 sisi per menit, yang relatif cepat. Teks dan halaman grafik A3 membutuhkan waktu 42 detik, yang setara dengan 1.4ppm. Satu halaman A4 yang disalin dari alas datar membutuhkan waktu 16 detik, sementara lima halaman teks hitam yang disalin dari ADF selesai dalam 52 detik. Kecepatannya, secara umum, lebih baik daripada rata-rata untuk kelas alat berat ini.

Namun, mencoba memberi makan lembar A3 terbukti rumit, dan memberi makan satu lembar kertas foto Brother A4 juga menghasilkan beberapa pesan ‘salah umpan’ yang meminta kami untuk mengatasi kemacetan. Bahkan ketika kami menghapus lembar pesan tetap ada dan ketika, sebagai upaya terakhir, kami mematikan dan menghidupkan printer untuk mencoba dan menghapus kondisi kesalahan, masalahnya tetap dengan pesan ‘sibuk – coba lagi nanti’ berkedip. Dihadapkan dengan sikap keras kepala seperti ini, kami memilih untuk menghentikannya.

Mesin cetak baru yang dikembangkan untuk rangkaian printer Brother ini belum mengatasi kekurangan mendasar dari teknologi Piezo-nya. Teks kertas biasa terlihat tidak jelas dibandingkan dengan keluaran dari printer inkjet termal yang diproduksi oleh Canon dan HP, dan warnanya juga kurang cerah. Warna dalam salinan bahkan lebih pucat dan hambar, meskipun foto cukup cerah dan pastel, tergantung pada apa yang diminta gambar.

Brother mengklaim menggunakan teknologi yang baru dikembangkan untuk ‘merobek’ lembar lanskap A4 dan mencegahnya macet. Suara gemetar yang dibuat sebelum memulai setiap pencetakan halaman cukup keras, memuncak pada 75dBA pada 0,5m, yang membuat printer agak mengganggu karena duduk di atas meja di samping Anda.

Menggunakan kartrid tinta kapasitas tinggi, halaman berharga 2,8 pence untuk hitam dan 6,6 pence untuk warna, termasuk biaya kertas 0,7 pence. Keduanya bersaing dengan inkjet all-in-one lainnya dan terasa lebih rendah daripada laser warna mana pun yang dapat kami pikirkan.

Brother MFC-J4410DW adalah printer multifungsi penuh gaya yang mengurangi jejak desktop dengan mencetak lembaran ke samping. Dengan pencetakan A3 satu lembar, konektivitas nirkabel, dan kartu memori panel depan serta soket USB, printer ini juga menawarkan tingkat keserbagunaan yang baik. Sayangnya, suaranya juga berisik dan kualitas cetak – terutama yang berasal dari salinan berwarna – di bawah rata-rata.

Laisser un commentaire